Sabtu, 19 April 2014

Green Canyon Pangandaran

green canyon pangandaran
Green Canyon Pangandaran

Green canyon pangandaran pertama kali dipopulerkan oleh seorang wisatawan Perancis yang pada tahun 1993 yang secara tidak sengaja menemukan kawasan indah dekat pangandaran ini.

 

Green Canyon Pangandaran ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di sekitar objek wisata ini terdapat pula objek wisata bahari Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Sebenarnya Green canyon punya nama asli yaitu Cukang Taneuh,punya arti yaitu jembatan tanah. Hal tersebut dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Objek wisata green canyon indonesia-nya ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Keindahan yang sangat mengagumkan itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik,artistik dan begitu menantang untuk dijelajahi oleh siapa pun yang menyukai petualangan alam.


Untuk mencapai lokasi Green canyon jawa barat ini, para wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Sepanjang perjalanan menyusuri keindahan dan suasana ,kita akan melewati sungai dengan air berwarna hijau tosca. Dan dari sinilah masyarakat dan wisatawan mengenal baik nama Green Canyon berasal.

Setelah terlihat jeram dengan alur sungai yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti kita sudah sampai di mulut Green canyon , di mana airnya sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Sebenarnya disinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata alam yang sangat menakjubkan ini dimulai. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Disediakan peralatan safety berupa ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara seperti ini, perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bahkan untuk anak-anak 6 tahun ke atas cukup aman untuk menyusuri aliran sungai ini dengan menggunakan ban dan dipandu oleh pemilik perahu yang disewa.

Petualangan mengasikan  green canyon cijulang ini akan terus berada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Dinding-dinding sangat menyajikan keindahan tersendiri, yang paling unik berbentuk menyerupai sebuah gua yang atapnya sudah runtuh. Selain itu di bagian atas beberapa tahap pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Setelah beberapa ratus meter berenang, akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang sangat begitu menawan untuk dinikmati. Jika diteruskan berenang maka pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana terdapat gua yang dihuni oleh banyak kelelawar. 

Alur aliran sungai Green Canyon cukup panjang, sehingga wisatawan dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving). Tinggal membawa beberapa alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Bagi wisatawan yang mau menaikan adrenalin, dapat mencoba tantangan meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam. 

Buat siapa pun yang benar-benar telah mempersiapkan dan ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon perlu paham dengan musim-musimnya sehingga akan menjadi saat terbaik buat petualangan anda. Karena saat terbaik untuk bisa menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan deras sungai kawasan green canyon dan warna airnya pun akan menjadi coklat. 

Sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke Green Canyon ini, sebaiknya terlebih dahulu para wisatawan menyiapkan uang tunai yang cukup. Pasalnya, disana tidak ada bank atau anjungan tunai mandiri( ATM ). Untuk penarikan uang tunai, tempat penginapan/hotel dan fasilitas akomodasi yang lengkap bisa Anda dapatkan di Pangandaran.

Untuk akses berpetualang berperahu, di kawasan Green canyon  tersedia armada perahu yang cukup banyak. Ada sekitar 100 unit perahu lebih yang dapat mengantarkan Anda untuk menelusuri objek wisata yang sangat mengagumkan ini. Pada setiap perahu akan dilengkapi seorang juru dan tugas batu untuk memandu Anda dalam perjalanan menyusuri kawasan alam ini.


HARGA TIKET GREEN CANYON
a. Tiket Perahu Rp.125.000,-

 ->kapasitas 1 perahu isi maks 6 orang,
 ->balita terhitung 1 orang
 ->buka setiap hari jam 08.00-17.00 WIB
 ->hari jum`at buka mulai jam 13.00 WIB 

Adapun untuk rute perjalanan yang harus ditempuh wisatawan untuk menuju alamat Green Canyon adalah:

1.Dari JAKARTA dan BANDUNG

Para wisatawan yang berasal dari arah kawasan tersebut,anda bisa menuju jalan arah ke perbatasan jawa tengah dengan melalui kota Tasikmalaya->kota Ciamis->kota Banjar->kota Banjarsari->kota Padaherang->kota Kalipucang->Pangandaran

2.Dari JAWA TIMUR dan JAWA TENGAH

Untuk wisatawan asal jawa timur anda dapat menuju Arah jawa tengah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan untuk mengambil jalur ke Jawa Barat dengan mengikuti jalur Arah (Purworejo->Kebumen->Wangon->Banjar->Banjarsari->Padaherang->Kalipucang-> Pangandaran). 

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum,tidak usah terlalu repot memikirkan rute perjalanan ke lokasi. Karena sopir akan membawa Anda Langsung ke Pangandaran(Green Canyon). Tapi mungkin yang perlu lebih diperhatikan yaitu tempat Anda Menginap disana, anda bisa memilih penginapan yang terdapat di hotel-hotel yang tersedia banyak di Pangandaran atau bisa juga menginap di objek wisata Batukaras yang sangat berdekatan dengan Green Canyon. 

Selamat Menikmati Liburan Panjang dengan Keluarga Anda, Kunjungi dan Nikmati Potensi Objek Wisata Kabupaten Pangandaran yang lain, yang tidak kalah menariknya dengan Green canyon pangandaran
 
 


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar